Personal Inspiration Blog

Buy Now

Rabu, 27 Agustus 2014

Kerajinan Tangan dari Enceng Gondok [Serat Alam] Mudah untuk di Pelajari

Battle Fight - Eceng Gondok (Eichhornia Crassipes) pada awalnya didatangkan dari benua Amerika pada zaman Gubernur Jenderal Inggris Stamford Raffles untuk mengisi koleksi tanaman di kebun raya Bogor yang dibuatnya. Eceng Gondok ini sebagai tanaman air punya bunga yang sangat cantik sehingga disebut dengan Water Hyacinth.


(Ilustrasi : Gambar seorang petani Eceng Gondok sedang memanen hasilnya)

Dari Bogor inilah eceng gondok menyebar keseluruh Indonesia, bahkan punya nama lokal sendiri di daerah tertentu. Tanaman eceng gondok secara masif mendominasi perairan dan menjadi gulma dimana-mana.  Setelah diketahui bahwa eceng gondok punya kadar selulosa yang tinggi, kemudian banyak orang mulai melirik gulma ini sebagai bahan baku kerajinan yang cukup menarik. Eceng gondok ini sekarang banyak diburu untuk dijadikan bahan baku anyaman, perabot rumah tangga seperti kursi dan macam-macam lagi bisa dibuat dari eceng gondok tergantung kreativitas manusia (KREATIVITAS).




Berikut saya akan memberikan contoh cara pembuatan kerajinan alam yang sederhana ini menjadi hasil karya tangan yang menarik dan bisa untuk meraih keuntungan,
[+] Cara Mengolah Eceng Gondok dari Gulma Pengganggu yang bisa menjadi bahan baku Anyaman adalah sebagai berikut :


  1. Yang sebagai bahan kerajinan anyaman hanya tangkai daunnya saja,  bagian tanaman lain yaitu akar,daun,tunas dan bunganya dibuang. Daun eceng gondok bisa dipakai untuk kompos atau makanan ternak.
  2. Tangkai Eceng Gondok dibersihkan dengan air bersih (dapat juga pakai sabun atau kaporit, agar bersih).
  3. Pengeringan dilakukan dengan menjemur pada permukaan lantai semen (kurang-lebih 7 hari).Dengan terlebih dahulu dikeluarkan kandungan airnya dengan di pres secara manual pengeringan akan lebih cepat.
  4. Pengelompokan tangkai eceng gondok berdasarkan panjangnya atau besar penampangnya.
  5. Tangkai yang sudah kering dapat dibelah belah menjadi bagian-bagian yang lebih tipis.

Sebelum kita membahasa tentang pembuatannya, saya akan memberikan kandungan dan manfaat dari Eceng Gondok,
Unsur SiO2, calsium (Ca), magnesium (Mg), kalium (K), natrium (Na), chlorida (Cl), cupper (Cu), mangan (Mn), ferum (Fe) dan banyak lagi. Pada akarnya terdapat senyawa sulfate dan fosfat. Daunnya kaya senyawa carotin dan bunganya mengandung delphinidin-3-diglucosida. Dengan seluruh kandungan kimia yang ada itu, enceng gondok dapat menyembuhkan tenggorokan terasa panas, kencing tidak lancar, biduran dan bisul. Kandungan senyawa penting tadi terdapat diseluruh organ tanaman dari akar sampai daun dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional. Bahkan bunganya yang menawan juga bagus dijadikan bahan obat tradisional.

[+] Proses Pembersihan dan Pemisahan  adalah sebagai berikut :

[+] Disini saya akan meberikan contoh pembuatan Tas, dan bahan - bahan apa saja yang akan digunakan :
Bahan :
1. Eceng gondok
2. Gunting kain / pisau
3. Kertas
4. Pensil
5. Penghapus
6. Cat minyak / pernis 
7. Kuas
8. Benang 
9. Jarum
10. Kancing, mote, pita, dll
Pembuatan :
1. Cari tanaman eceng gondok, jika kesulitan mencarinya bisa membeli di pengepul eceng gondok,
2. Cuci eceng gondok dengan disemprot air bersih serta dibanting-banting agar kotorannya rontok, proses ini dilakukan untuk menghilangkan bau tak sedap,
3. Pilah antara daun dan batang dengan pisau / gunting kain,
4. Jemur di bawah sinar matahari atau jika terpaksa dengan cara diasap,
5. Anyam eceng gondok yang telah dijemur, buat anyaman sedang atau liltan kecil,
6. Buat pola tas di kertas dengan pensil dan penghapus, ukuran dan model sesuai selera kalian,
7. Eceng gondok digunting sesuai pola lalu dijahit. Jangan lupa diberi tambahan pernak-pernik untuk tasnya seperti kancing, mote, pita, dll,



Tas cantik serta unik dari eceng gondok pun jadi, hasilnya sangat indah dan bentuknya jauh berbeda dari bentuk eceng gondok. Bagaimana? Tertarik mencoba membuat tas eceng gondok? Selamat mencoba membuat kerajinan tangan tas dari eceng gondok yang unik dan cantik ini!
[+] Contoh kerajinan Eceng Gondok :
Kursi

 Meja

Mobil

Sandal
 
Ditulis oleh : Lucky Ramisap
Sumber : Bella Anggi Ariesta, Fitri Handayani, Galih Ridho Pangestu, Sinta Bella, dan Sulas
SEKIAN TUTORIAL DARI KELOMPOK KAMI :D 


Previous
This Is The Oldest Page

5 comments

Bagaimana Dan kemana untuk memasarkannya

Bagaimana Dan kemana untuk memasarkannya

Halo Mbak Devita & Unknown, mohon maaf baru dibales karena ini blog lama dan hanya untuk tugas kelompok jadi pas lulus udah ngak pernah di cek lagi, eh taunya ada komentar.
Untuk bagaimana cara memasarkannya bisa seperti menjual barang pada umumnya :D untuk memasarkannya sendiri tergantung dari kreatifitas kita ya, dan kemana memasarkannya bisa saja dijual ke tempat-tempat.

Dimana ya mas untuk bisa belajar kerajinan enceng gondok di wil jatim,.klu mungkin mas lucky ada referensi


EmoticonEmoticon